Kanker Rabdomiosarkoma

6:42 PM


Hallo, Guys. Pernah liat film *Surat Kecil untuk Tuhan*, Bukan? Nah, dari situ kalian pasti pernah denger kan tentang Kanker Rabdomiosarkoma. Iya. Penyakit ganas yang menggerogoti tubuh kecil Gita Sesa Wanda Cantika, sang tokoh utama dalam film itu.

Disini, akan sedikit di bahas, apa sih sebenarnya Kanker Rabdomioskara itu. Gimana awal mulanya, juga dampaknya bagi tubuh.


PENGERTIAN

Rabdomiosarkoma (RMS), berasal dari bahasa Yunani, (rhabdo yang artinya bentuk lurik, dan myo yang artinya otot). Rabdomiosarkoma merupakan suatu tumor ganas yang aslinya berasal dari jaringan lunak tubuh. Penyakit ini sangat langka terjadi. Kanker ini sering didapatkan pada anak-anak. Insidensi tertinggi terjadi umur rata-rata enam tahun dan dapat ditemukan sejak masa bayi baru lahir, hingga dewasa muda.

PENYEBAB

Penyebab dari RMS sendiri sampai saat ini belum jelas. Beberapa sindroma genetik dan faktor lingkungan dikatakan berkaitan dengan peningkatan prevalensi dari RMS ini.

Beberapa sindroma genetik yang berhubungan dengan angka kejadian RMS :
 
a.   Neurofibromatosis
b.   I-Fraumeni Syndrome
c.    Rubinstein-Taybi Syndrome
d.   Gorlin Basal Cell Nevus Syndrome
e.    Beckwith-Wiedemann Syndrome
f.     Costello Syndrome

Beberapa faktor lingkungan yang diduga berperan dengan prevalensi RMS :

a.    Penggunaan orang tua terhadap marijuana dan kokain
b.   Penyinaran sinar X
c.    Makanan dan pola makan
d.   Polusi lingkungan yang mengandung zat-zat karsinogen
e.    Penggunaan obat-obat sitostatika (dalam hal ini obat kemoterapi)
f.     Sering kontak dengan sinar matahari, terutama pada anak-anak
g.    Penggunaan alkohol sebelumnya
h.   Kontak dengan zat-zat karsinogen di daerah tempat bekerja, khususnya pada orang dewasa.


TANDA – TANDA

RMS tidak memiliki tanda-tanda yang terlalu mencolok, biasanya hanya tampak sebagai masa tumor, paling sering di daerah kepala dan leher. Meliputi orbita, nasofaring, sinus, telinga tengah, kulit kepala, dan saluran urogenital. Tetapi kanker ini tidak dapat menyerang jaringan tulang. Lesi pada otak frekuensinya rendah. Penyebarannya selain secara hematogen dapat juga perluasan langsung dari kepala dan leher.

Sebenarnya kanker itu tak berukuran terlalu besar, kira – kira hanya seukuran kuku jari. Tetapi, penyakit ini terlampau ganas, sehingga pada saat diagnosis ditegakkan biasanya telah terjadi metastasis luas.

TERAPI

Terapi pada penderita RMS melibatkan kombinasi dari operasi, kemoterapi, dan radiasi. Karena pengobatan yang akan dijalani kompleks dan lama, terlebih khusus anak-anak, banyak hal yang perlu diperhatikan, maka pasien yang akan menjalani pengobatan, perlu dirujuk ke pusat-pusat kanker yang lengkap terlebih khusus buat anak-anak. Rabdomiosarkoma yang terdapat pada lengan atau kaki dipertimbangkan untuk diamputasi. Setelah terapi dilaksanakan seorang penderita tetap harus dipantau untuk melihat apakah tumor tersebut telah hilang atau tetap ada, dalam hal ini digunaka pemeriksaan penunjang seperti CT-Scan, bone-scans, x-rays.
               
TERAPI OPERATIF

Respon pengobatan dan prognosis dari penyakit ini sangat bergantung dari lokasi dan gambaran histologi dari tumor ini sendiri. Jika memungkinkan, operasi pengangkatan tumor dilakukan. Hal ini mempertimbangkan apakah akan menyebabkan kegagalan fungsi dari tempat lokasi tumor itu atau tidak.

TERAPI MEDIKAMENTOSA

terapi ini dimaksudkan untuk membunuh sel-sel tumor melalui obat-obatan. Kemoterapi kanker adalah berdasarkan dari pemahaman terhadap bagaimana sel tumor berreplikasi, dan bagaimana obat-obatan ini memengaruhinya. Setelah sel membelah, sel memasuki periode pertumbuhan, diikuti oleh sintesis DNA. Fase berikutnya adalah fase premiosis ,dan akhirnya tiba pada fase miosis sel. Obat-obat anti neoplasma bekerja dengan menghambat proses ini.

Nah, buat pembaca semua, selalu waspada ya. Jaga tubuh baik – baik. Syukuri kesehatan yang kalian nikmati saat ini. Bila ada tawa di dunia ini, maka akan ada tangis disampingnya ^^

You Might Also Like

2 comments

  1. masukan inspiratif bagi aq...
    beneran dah, jangan ampe kna barang macam gini an...
    klo ad yg kna, jangan putus asa y, GANBATTE dlm mnjalani hidup :D

    ReplyDelete
  2. ow ralat bntar...
    diatas tulisannya "*Surat Kecul untuk Tuhan*"
    harusnya "*Surat Kecil untuk Tuhan*" hehehe :)

    kalau ad yg mau tau info seputar kanker ini bisa kesini:

    KANKER RABDOMIOSARKOMA

    ReplyDelete

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images